Pengaruh Islamic Marketing Mix Terhadap Keputusan Mitra Dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Lasisma Di BMT NU

The Effect of Islamic Marketing Mix on Partners' Decisions to Use LASISMA Financing Products at BMT NU

Authors

  • Julia Puspita Andriani Universitas Trunojoyo Madura
  • Faizal Amir University of Trunojoyo Madura

Keywords:

Islamic Marketing Mix, Keputusan Mitra, LASISMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna melihat apakah variabel-variabel Islamic marketing mix yang terdiri dari 9P mempengaruhi keputusan mitra dalam menggunakan produk pembiayaan LASISMA di BMT NU. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif regresi dengan pengambilan teknik sampel jenuh. Alat uji untuk penelitian ini yaitu SPSS V 20. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan sampel yang berjumlah 75 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya variabel product, price, people, process, physical evidence, dan patience berpengaruh signifikan terhadap keputusan mitra untuk menggunakan pembiayaan LASISMA. Sebaliknya variabel place, promotion, dan promise tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mitra. Namun, model secara simultan mempunyai pengaruh terhadap keputusan mitra dan estimasi ini memiliki nilai R-Square sebesar 56,2%.

Downloads

Published

2024-12-10

How to Cite

Puspita Andriani, J., & Amir, F. (2024). Pengaruh Islamic Marketing Mix Terhadap Keputusan Mitra Dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Lasisma Di BMT NU: The Effect of Islamic Marketing Mix on Partners’ Decisions to Use LASISMA Financing Products at BMT NU. Jurnal Ekonomi, Lingkungan, Energi, Dan Bisnis (ELEGIS), 2(2), 58–72. Retrieved from https://elegis.universitaspertamina.ac.id/index.php/ELEGIS/article/view/26